Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

PENGERTIAN, CIRI-CIRI, DAN JENIS-JENIS IKLAN

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis Iklan - Ada banyak cara untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat atau khalayak umum. Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang slogan dan poster. Pada kesempatan ini, kita akan membahas salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan untuk menarik perhatian masyarakat agar mau menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan.  Salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik selain poster dan slogan, yaitu iklan. Iklan dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi khalayak atau masyarakat luas. Saat ini iklan menjadi salah satu media yang sangat ampuh untuk menyampaikan gagasan, produk, atau jasa. Setiap hari kita menyaksikan iklan baik yang ditayangkan di televisi, radio maupun media massa.

PENGERTIAN, CIRI-CIRI, DAN JENIS-JENIS IKLAN


Iklan adalah sebuah ajakan atau bujukan yang ditujukan kepada para pembaca, pendengar, maupun penonton yang menerima informasi tersebut untuk memakai atau menggunakan, segala macam hal yang ditawarkan dari pembuat tawaran atau si pengiklan.
Sebuah iklan yang baik harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

1. Menggugah pembaca/pendengar iklan. artinya iklan harus mencermati kebutuhan konsumen, memberikan solusi, dan memberikan perhatian.
2. Informatif dan komunikatif. Sebuah iklan harus menggunakan kata-kata yang jelas, bersahabat, mudah dipahami, dan tidak bertee-tele.
3. Persuasif, artinya rangkaian kalimat-kalimat dalam sebuah iklan haruslah membuat konsumen nyaman, senang, tentram, serta menghibur. Jangan sampai iklan yang kita buat langsung dinilai negatif saat penayangan pertamanya.
4. Menampilkan iklan di media cetak seperti koran, majalah dan sejenisnya, maupun mealui media elektronik seperti televisi, radio, film, dan sejenisnya.

Ciri-ciri iklan

1. Informatif
2. Komunikatif
3. Bahasa mudah dimengerti
4. Menarik

Jenis-Jenis Iklan

Berdasarkan bentuknya iklan bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
1. Iklan kolom
          Iklan kolom adalah iklan dalam bentuk kolom (kotak), tarifnya dihitung per mm.
Iklan Kolom adalah iklan bergambar di space halaman iklan. Dengan ukuran lebar 36 mm sedangkan untuk tinggi mulai dari 30 mm hingga ukuran maksimal 100 mm

2. Iklan baris
         Iklan baris adalah iklan yang berupa ataupun berbentuk baris dan memakai kata-kata singkat .
Biasanya iklan ini digunakan untuk mempromosikan suatu barang/jasa. Iklan baris dihitung per baris.

Sedangkan berdasarkan tujuannya, iklan bisa dibedakan menjadi :
1. Iklan penawaran (barang/jasa)
2. Iklan pencarian
3. Iklan penjualan
4. Iklan lowongan pekerjaan
5. Iklan pengumuman

Demikian pembahasan tentang Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis Iklan. Semoga bermanfaat.
Selamat belajar... :)






0 komentar:

Post a Comment

Kelas Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.
PENGERTIAN, CIRI-CIRI, DAN JENIS-JENIS IKLAN