Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

MENULIS CERPEN BERDASARKAN PERISTIWA YANG PERNAH DIALAMI

Menulis Cerpen Berdasarkan Peristiwa yang Pernah Dialami - Semua manusia punya cerita yang dialami selama hidupnya. Setiap hari kita mengalami berbagai pengalaman yang mewarnai hidup kita. Bermacam kejadian itu bisa kita abadikan menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat. Salah satu cara untuk mengabadikan cerita yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan menulisnya menjadi sebuah cerpen.

Menulis cerita berdasarkan peristiwa yang pernah dialami sendiri tentu akan lebih mudah, karena kita tak perlu mengarang cerita. Kita hanya perlu mengingat kembali kejadian demi kejadian yang pernah kita alami dan menulisnya.

Sebelum menuangkan pengalaman ke dalam sebuah cerpen, terlebih dahulu kita harus mengtahui unsur intrinsik cerpen, yang meliputi tema, alur, penokohan, setting, sudut pandang, dan amanat. Setelah memahami unsur-unsur intrinsik cerpen barulah kita memulai langkah-langkah untuk menulis cerpen.

Langkah-Langkah Menulis Cerpen
Ada beberapa langkah untuk menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami, yaitu :

1. Menentukan Tema Cerpen

Untuk menentukan tema cerita, kita harus mengingat kembali peristiwa yang pernah kita alami, dan pilihlah yang dianggap paling menarik, kemudian jadikan sebuah tema cerpen.

2. Menentukan Tokoh Cerpen

Setelah menentukan tema cerpen, langkah berikutnya kita tentukan siapa saja tokoh-tokoh yang akan ditampilkan dalam cerpen. Semua tokoh yang terlibat dalam peristiwa yang kita alami kita tulis, dan tentukan juga watak tokoh-tokoh yang telah kita pilih.

3. Menetukan Setting/Latar

Langkah selanjutnya, tentukan latar, mulai dari latar tempat, latar waktu dan suasana, yang akan ditampilkan dalam cerpen. Tentunya, sesuai dengan pengalaman yang kita alami.

4. Menyusun Kerangka Peristiwa yang Kita Alami

Setelah langkah-langkah di atas kita lakukan, langkah berikutnya yaitu menyusun kerangka cerita. Tulislah inti-inti kejadian secara runtut dari awal sampai cerita berakhir.

5. Menguraikan Kerangka Peristiwa

Kerangka yang telah disusun, selanjutnya kita kembangkan menjadi sebuah cerita utuh. Untuk mengembangkan kerangka gunakan bahasa yang menarik dan mudah dipahami. Gunakan gaya bahasa untuk memberikan kesan lebih pada cerpen

6. Menentukan Judul

Langkah terakhir, tentukanlah judul yang sesuai dengan cerita yang kita buat. Pilih kata yang menarik, singkat dan bisa mewakili isi cerpen.

Baca juga  : Contoh Cerpen Berdasarkan Peristiwa yang Pernah Dialami

Demikian pembahasan singkat tentang Menulis Cerpen Berdasarkan Peristiwa yang Pernah Dialami. semoga bermanfaat.
Selamat Belajar...!!! :)







0 komentar:

Post a Comment

Kelas Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.
MENULIS CERPEN BERDASARKAN PERISTIWA YANG PERNAH DIALAMI