Blog yang Membahas Materi dan Soal-Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMK

CONTOH SINOPSIS NOVEL PERAHU KERTAS

Contoh Sinopsis Novel Perahu Kertas - Sinopsis merupakan tulisan berisi ringkasan cerita sebuah novel. Sebelumnya kita pernah juga membahas materi tentang sinopsis, kali ini kelas bahasa indonesia akan membagikan sebuah contoh sinopsis.

CONTOH SINOPSIS NOVEL PERAHU KERTAS


Sebalum saya menyajikan contoh sinopsis, kita harus mengingat kembali beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk membuat sinopsis sebuah novel. Langkah-langkah tersebut antara lain :
1. Membaca novel secara utuh dan menyeluruh.
2. Mencari gagasan/pokok-pokok penting dari novel yang dibaca.
3. Pahami unsur intrinsik maupun ekstrinsik dari novel tersebut.
4. Mengembangkan gagasan pokok yang telah kita temukan secara singkat dengan bahasa menarik, serta menggambarkan novel aslinya.
5. Mengubah semua petikan langsung menjadi tidak langsung.

Setelah memperhatikan hal-hal di atas, simaklah sebuah contoh sinopsis novel berjudul perahu kertas berikut ini.

Contoh Sinopsis Novel Perahu Kertas

Penulis                               : Dee (Dewi Lestari)
Penerbit                             : Bentang Pustaka/Truedee
Terbit Pertama Kali           : 2010
Jumlah Halaman                : 444


Novel Perahu Kertas  ini menceritakan seorang anak muda bernama Keenan, seorang remaja yang baru saja menyelesaikan sekolah menengah atas di Amsterdam (Belanda). Keenan menetap di Negara tersebut selama kurang lebih 6 tahun, bersama neneknya. Keenan memiliki cita-cita menjadi seorang pelukis. Namun pada suatu hari ia dipaksa untuk kembali ke Indonesia oleh ayahnya. Tidak ada seorangpun keluarganya yang mendukung Keenan menjadi pelukis. Setelah ia kembali ke Indonesia, ia kemudian kuliah di salah satu Universitas di Bandung dengan mengambil Fakultas Ekonomi.

Selain Keenan, dalm Novel Perahu Kertas, terdapat tokoh sentral lainnya yaitu Kugy, seorang wanita bertubuh mungil. Ia digambarkan memiliki watak yang riang dan ceria. Hal ini berkebalikan dengan Keenan yang cenderung dingin dan kaku. Kugy merupakan sosok yang eksentrik dan nyentrik. Ia akan sangat mudah dikenali jika ada di dalam kerumunan. Kugy menggilai dongeng dan kisah klasik. Dari kecil ia bercita-cita menjadi seorang penulis dongeng. Ia memiliki koleksi buku dongeng yang cukup banyak, ia juga ingin penjadi seorang pengarang dongeng. Namun di tengah impiannya yang menggebu, kenyataan memaksanya sadar bahwa penulis dongeng bukan profesi yang banyak menghasilkan uang. Kugy dipaksa untuk menyimpan mimpinya demi sebuah rasionalitas dan realisme. Meski demikian, tokoh Kugy ini tidak mudah putus asa. Ia sangat mencintai dunia tulis-menulis. Karena kecintaanya terhadap sastra, ia melanjutkan pendidikannya di Fakultas Sastra di salah satu Universitas di Bandung. Ternyata mereka kuliah di tempa yang sama.

Pertemuan antara kedua tokoh ini tak lepas dari tokoh Noni dan Eko. Noni merupakan sahabat dekat Kugy, sedangkan, Eko adalah sepupu Keenan. Pertemuan pertama antara Kugy dan Keenan adalah ketika Eko dan Noni menjemput Keenan yang baru tiba di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Kugy dan Keenan pun menjalin persahabatan bersama Eko dan Noni. Ternyata diam-diam, mereka saling mengagumi. Kugy yang gemar bercerita lewat dongeng merasa takjub bisa bertemu dengan Keenan, seseorang yang mampu bercerita lewat gambar. Mereka diam-diam jatuh cinta walaupun keduanya tidak mengutarakannya. Kugy memiliki pacar bernama Ojos atau Joshua, sementara itu, Keenan belum memiliki pasangan. Eko dan Noni berniat menjodohkan Keenan dengan tokoh bernama Winda, seorang kurator yang menurut mereka cocok dengan Keenan yang jago melukis.

Lambat laun persahabatan Kugy, Keenan, Eko dan Noni mulai renggang. Hal ini dikarenakan kesibukannya masing-masing. Kugy sibuk dengan muridnya di sekolah darurat. Sementara itu Keenan, sibuk dengan kehidupannya termasuk kedekatannya dengan Wanda. Pada mulanya, hubungan mereka baik-baik saja. Namun, beberapa waktu kemudian hubungan tersebut menjadi pelik dan menghentak Keenan. Ia menyadari bahwa apa yang ia berusaha bangun, hancur dalam hitungan waktu semalam. Ia sedih, remuk dan kecewa. Keenan pun memutuskan untuk meninggalkan Kota Bandung menuju Kota Bali. Di Pulau Dewata tersebut, Keenan tinggal dengan Pak Wayan. Sahabat ibunya.

Sebelum pergi, Kugy memberi Keenan buku dongeng “Jenderal Pilik dan Pasukan Alit”. Keenan membawanya ke Bali. Di tempat Pak Wayan, perlahan Keenan membangun hidup dan mimpinya kembali. Ia hidup bersama banyak seniman dan menjadikan naluri seninya dalam melukis semakin terasah. Di Bali, Keenan mengagumi Luhde Laksmi, keponakan Pak Wayan. Pada akhirnya, Setelah beberapa waktu, Keenan menjadi salah satu pelukis yang karyanya diburu. Ia menciptakan serial lukisan yang digemari kolektor. Kisah tersebut terinspirasi dari dongeng yang Kugy berikan.

Sementara itu, selepas kuliah Kugy kembali ke Jakarta dan menjadi seorang Copywriter. Ia kemudian menjalin hubungan dengan atasannya yang juga merupakan sahabat karib kakaknya. Ia dan Remi menjalin hubungan, walaupun diam-diam Kugy masih sering mengenang Keenan. Sampai suatu waktu, Kugy kembali bertemu dengan Keenan yang terpaksa meninggalkan Bali karena ayahnya terkena serangan stroke. Keenan harus meneruskan perusahaan ayahnya. Pertemuan Kugy dan Keenan di kondisi yang berbeda ini membuat mereka tak bisa lagi menahan perasaan masing-masing. Konflik dimulai dari sini.

Secara umum, Novel Perahu Kertas inin dikemas dengan sederhana namun sarat makna. Kisah tentang pencarian cinta yang dibiarkan mengalir hingga kebali bermuara seperti perahu kertas. Melalui Kugy dan Keenan, Dee menyajikan cerita cinta yang biasa namun dalam. Pemilihan kata serta alur taktis membuat kisah di dalam novel Perahu Kertas ini menarik untuk dibaca. Meski temanya teramat ringan, namun sangat memikat, seperti karya-kaya Dee (Dewi Lestari) yang lain.

-----

Dari contoh sinopsis di atas, kita bisa mempelajari bagian-bagian, gaya bahasa penulisan, dan sisi-sisi lain tentang sinopsis. Bacalah lebih banyak novel dan cobalah untuk membuat sinopsisnya.

Demikian Postingan tentang Contoh Sinopsis Novel Perahu Kertas. Semoga bermanfaat.
Selamat belajar.



0 komentar:

Post a Comment

Kelas Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.
CONTOH SINOPSIS NOVEL PERAHU KERTAS